Pidato Bahasa Indonesia ''Hidup Bersih Dengan Tidak Membuang Sampah Sembarangan''

Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 2 Ngawi,
yang saya hormati Bapak/Ibu Guru,
serta teman-teman yang saya banggakan.
    Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME atas  rahmat-Nya kita bisa berkumpul di Aula ini dengan keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.
    Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, serta teman-teman semua.
    Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan saya mengajak teman-teman untuk hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. Namun kebanyakan dari kita kadang acuh tak acuh.  Kita tidak perduli terhadap lingkungan sekolah kita. Padahal di sekolah sudah ada slogan-slogan tentang kebersihan lingkungan. Bahkan di setiap kelas juga sudah disediakan tempat sampah. Dengan semua itu seharusnya membuat kita  sadar, tidak membuang sampah sembarangan.
    Teman-teman yang saya banggakan....
    Bila dicermati, sampah bisa merusak pemandangan dan menimbulkan bau yang menyengat di sekolah kita.  Untuk itu, kita harus membiasakan membuang sampah pada tempat sampah. Itu bisa dimulai dari hal-hal kecil berikut :
Yang pertama,  jika teman-teman membeli jajan, bungkusnya jangan dibuang disembarang tempat. Bungkusnya bisa dibawa sampai menumukan tempat sampah. Sebenarnya hal itu sangat mudah dilakukan. Karena banyak tempat sampah di sekolah ini.
Yang kedua, jangan membuang kertas atau bungkus jajan ke kolong meja kelas. Itu bisa menjadi sarang nyamuk. Dan mebuat kelas kita menjadi bau dan kotor.
Yang ketiga, kerjakan tugas piket harian di sekolah. Itu akan membuat sekolah lebih bersih.
    Jika semua itu dilakukan secara rutin, saya yakin sekolah kita akan menjadi indah dan nyaman. Tidak ada bau sampah lagi. Kita juga bisa memberi penghargaan terhadap siswa yang rajin menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Sedang, bagi siswa yang membuang sampah sembarangan bisa diberikan sangsi agar mereka jera.
    Sekali lagi saya berharap kepada teman-teman untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Saya yakin kita bisa melaksanakannya. Karena sekolah yang indah dan bersih  membuat kita lebih nyaman.
Semoga uraian ini bermanfaat bagi kita semua, apabila ada ucapan saya yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf .
Wassalamualaikum wr.wb








17 komentar: